Harga Helm dan Cara Memilih Helm yang Tepat

Harga Helm dan Cara Memilih Helm yang Tepat

 

Harga helm menjadi sebuah faktor yang kerap kali diperhatikan oleh para pengendara motor, terutama oleh orang-orang yang ingin membeli sebuah helm berkualitas tinggi, kokoh, dan mampu dipakai di segala kondisi cuaca.

Guna mendapatkan helm dengan kriteria seperti itu, seseorang perlu membeli sebuah helm dengan stiker SNI yang merupakan singkatan dari Sertifikat Nasional Indonesia. Helm dengan stiker SNI umumnya sudah teruji kualitasnya dengan baik, dan pada dasarnya adalah produk pelindung kepala dengan kualitas prima yang akan melindungi bagian terpenting itu dari benturan dan dari terik matahari maupun hujan. Harga helm terbaru bervariasi, antara 100.000 sampai 1.000.000 rupiah, tergantung merk dan jenis yang diinginkan.

Meski terkesan penting, namun harga helm bukan satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih helm. Ada banyak faktor lain selain harga helm yang perlu diperhatikan, dan inilah dia tips memilh helm terbaik:

  • Pilihlah kaca helm bening: Kaca helm bening tidak akan menghalangi pandangan ketika berkendara. Tujuan dari memilih helm berkaca bening adalah supaya jalanan lebih terlihat jelas, bahkan ketika seseorang memacu motornya di malam hari.
  • Pertimbangkan ukuran helm: Ini bukan soal harga helm, melainkan bagaimana menyesuaikan ukuran helm dengan kepala pengguna. Menyesuaikan helm dengan kepala cukup mudah dilakukan. Bila helm sudah menekan bagian dahi dan pipi, maka benda tersebut sudah pas dan sesuai. Jangan memilih helm yang terasa sempit ketika digunakan di kepala.
  • Desain kunci penting: Ketika memilih helm, usahakan untuk mengambil model helm dengan desain kunci yang tepat berada di bagian leher. Ini dimaksudkan supaya helm tidak mudah lepas dari kepala.
  • Bobot helm yang ringan: Helm yang terlalu berat tentu tidak akan nyaman ketika digunakan. Pilihlah helm yang nyaman dan pas ketika digunakan, dan beratnya tidak terlalu ringan, namun juga tidak memberatkan kepala penggunanya.
  • Perhatikan baut penahan kaca helm: Pengait kaca helm haruslah berupa baut yang bisa menahan bagian kaca helm dengan kencang. Pengait kaca yang kuat akan menjaga helm supaya tetap berada di posisinya bahkan ketika pengendara memacu motornya dengan kencang.
  • Bila berkacamata: Model helm flip up patut dipilih oleh orang yang menggunakan kacamata. Helm flip upnya juga harus dipilih yang sesuai. Artinya, orang mesti memilih helm yang bisa menutup dengan baik dan juga kuat. Jangan sampai helm mudah terbuka, bahkan ketika terjadi benturan.
  • Jangan pilih helm bekas: Harga helm murah dan bekas dipakai barangkali baik untuk orang yang memiliki budget minimal, namun usahakan untuk selalu memberi helm baru. Harga helm baru mungkin lebih mahal dan barangkali tidak sesuai dengan budget yang dimiliki, namun jelas lebih terjaga kualitasnya.

Tinggalkan komentar